Pertemuan dengan Irsan Risalat


Motret matahari terbit di puncak Semeru. Pic by Uqis. 
Dua minggu ke belakang tepatnya tanggal 10 januari 2013, saya dihubungi teman satu SMA. Sekarang dia berkuliah di UPI Jurusan Seni Rupa tingkat akhir (semester 12). Namanya Irsan Risalat. Sudah lama saya tidak bertemu dia, terakhir ketemu beberapa bulan yang lalu, itu pun tidak disengaja. Saya bertemu dia di daerah Dipatiukur. Waktu itu, dia memanggil-manggil saya saat saya sedang di motor hendak ke Kanayakan Dago Atas.

Di situ kita ngobrol sebentar. Dia sedang bersama teman-temannya ada praktik ngajar di SMA situ. Saya ngobrol tentang garapan dia, tiada lain dan tiada bukan tentang TA-nya. Tugas Akhir dia yang sudah lama terbengkalai, katanya. Dia menyampaikan ingin sekali main ke Sekretariat Forum Pemuda Peduli Karst Citatah, sharing-sharing tentang Karst Citatah yang kian lama kian rusak saja.

Bukan kebetulan, dia mengangkat tema di tugas akhirnya tentang kerusakan Kawasan Karst Citatah, melainakan karena dirinya merasa mesti ikut andil dalam memperbaiki kondisi lingkungan hidup yang kian tak ramah di daerahnya, Cipatat (daerah Cipatat masuk Kawasan Karst Citatah). Tentu saja upaya memperbaiki sesuai dengan kapasitasnya sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Lama berselang kami pun lost kontak. Seperti manusia pada umumnya, kita kembali pada rutinitas kerja kita masing-masing. Pembicaraan tentang TA-nya yang bertemakan kerusakan Karst Citatah pun terpaksa diendapkan dulu.

Akhirnya kami pun bertemu tanggal 13 nya di baleriung Gunung Pabeasan, Tebing 125, bersamaan dengan diskusi reguler yang diadakan Forum Pemuda Peduli Karst Citatah. Dia hendak menindaklanjuti obrolan waktu itu. Bedanya, kali ini dia mengemban misi konkrit sekali yaitu meminta data Peta Kawasan Karst Citatah, Pabrik Tambang yang ada di Kawasan Karst Citatah, serta yang lainnya-lainnya.

Sayangnya, permintaan Irsan tidak bisa kami penuhi (baca: Forum Pemuda Peduli Karst Citatah). Pasalnya, akses terhadap data Pabrik Tambang yang ada di Kawasan Karst tidak pernah dibuka oleh dinas terkait yaitu Dinas Cipta Karya kepada FP2KC sebagai sipil sociaty yang kritis. Padahal FP2KC secara resmi telah meminta dinas terkait untuk bersharing data itu. Namun, untuk data peta kawasan Karst Citatah, kami beroleh datanya dari BPLHD. Berikut petanya, bisa diunduh di link ini Peta Kawasan Karst Citatah dari BPLHD

Post a Comment

Popular posts from this blog

Info Jalan-jalan ke Gunung Semeru (Rute Kendaraan)

Asal usul Reforma Agraria 1960 sampai Dipetieskan Orba

Info Jalan-jalan ke Gunung Hawu

Analisis Terhadap Cerpen jujur Prananto, “Doa Yang Mengancam”

Reforma Agraria atau Reformasi Agraria?