Aksi Solidaritas "Stop Kriminalisasi Aktifis Sukoharjo"


Dok. Pribadi

Bandung (24/5/18)--Komite Rakyat Bandung-Solidaritas terhadap Aktifis Sukoharjo Korban Kriminalisasi menggelar aksi di halaman Gedung Pengadilan Negeri Bandung, Jalan R.E. Martadinata. Mereka memajang poster di lantai gedung, membentangkannya di tangan dan terakhir menempelkannya di kaca dan lantai gedung pengadilan.

Aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap aktifis korban kriminalisasi, oleh sebab itu digelar bersamaan dengan sidang perdana aktifis tersebut di Semarang. Selain sebagai bentuk solidaritas, aksi ini juga sebagai bentuk sikap penolakan terhadap tindak sewenang-wenang polisi dan perusahaan yang telah merugikan warga Sukoharjo. Poster-poster yang dipajang semuanya berisi kecaman dan seruan perlawanan terhadap tindakan sewenang-wenang polisi dan perusahaan dalam hal ini PT RUM. .

PT RUM telah memproduksi limbah untuk warga, mengakibatkan munculnya penyakit kulit dan mendatangkan musibah bagi warga Sukoharjo yang hidup di sekitar pabrik. 

Dua bulan lalu, warga Sukoharjo menggelar aksi penolakan terhadap limbah yang diproduksi PT RUM. Dan polisi sebagai penegak hukum serta pengayom masyarakat, alih-alih melakukan apa yang seharusnya ia lakukan justru malah mengkriminalkan rakyat penolak limbah PT RUM. Alhasil, 7 orang pejuang lingkungan hidup di tahan di kepolisian hingga sekarang.

Aksi solidaritas ini serentak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Semuanya menyerukan:
1. Bebaskan aktifis penolak PT RUM. 2. Usut pidana pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT RUM. 3. Usut kekerasan yang dilakukan polisi serta TNI terhadap massa aksi penolak PT RUM.


Klik dan lihat foto-foto lainnya:

 

 













Post a Comment

Popular posts from this blog

Info Jalan-jalan ke Gunung Semeru (Rute Kendaraan)

Reforma Agraria atau Reformasi Agraria?

Kutunggu Jandamu di Pintu Sorga

Info Jalan-jalan ke Gunung Hawu

Di Pinggir Jalan, Jalan Braga

Instagram @yogazaraandritra